Sabtu, 14 April 2012

  IBD IV

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesastraan



IBD (Ilmu Budaya dasar) dalam setiap orientasi nya pasti memegang peranan penting, contohnya dalam suatu seni. Hal ini terjadi karena seni merupakan ekspresi nilai-nilai kemanusiaan dan bukan formulasi nilai kemanusiaan yang terdapat pada filsafat maupun keagamaan. Nilai-nilai kemanusiaan dalam IBD disampaikan secara normatif dan ini berhubung pada seni yang merupakan nilai yang fleksibel.

Ilmu Budaya Dasar yang Dihubungkan Dengan Puisi
Puisi termasuk seni sastra yang apresiasi nya dipakai sebagai media sekaligus sebagai sumber belajar sesuai dengan tema dan pokok bahasan yang terdapat di dalam Ilmu Budaya dasar.
Dibalik kata-kata yang padat dan ekonomis serta yang kadang sukar dicerna kata-katanya, puisi berisi potret kehidupan manusia. Puisi menyuguhkan kepada kita suasana dan peristiwa kehidupan manusia dan juga dalam kaitannya dengan alam Tuhan yang diekspresikan melalui bahasa yang artistik. Makna-makna puisi yang ada-pun beragam, sesuai dengan pengalaman hidup manusia dan sosialisasinya.
Ilmu Budaya Dasar Yang Dihubungan Dengan Prosa
Didefinisaikan sebagai bentukcerita atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi. istilah rekaan umunhya dipakai untuk roman, novel atau cerita pendek. Prosa ini meliputi prosa lama yaitu dongeng, hikayat, sejarah, epos dan cerita pelipur lara. Serta prosa baru yaitu cerita pendek, roman/novel, biografi, kisah dan otobiografi.
http://roselinarosdi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang posting yang aneh2 dan menjelek2an blog ini thx...^_^
by:Sandy M

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.