Sabtu, 02 Juni 2012

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Sahabat-sahabat ku yang baik hatinya, disini saya akan menjelaskan tentang pengertian pandangan hidup.
PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP
Pandangan Hidup adalah Konsep atau cara pandang manusia yang bersifat mendasar tentang diri dan dirinya. Pandangan hidup berarti pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup didunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah berdasarkan waktu dan lingkungan hidupnya. Dengan demikian, pandangan hidup bukanlah timbul seketika ataupun dalam waktu yang singkat, melain dalam waktu yang lama dan proses terus menerus sehingga hasil pemikiran tersebut dapat di uji kenyataannya, serta dapat diterima oleh akal dan diakui kebenarannya. Dan atas dasar tersebut manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk yang dapat disebut sebagi pandangan hidup.
Setiap bangsa di dunia yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas ke arah mana tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan pandangan hidup. Dengan pandangan hidup inilah suatu bangsa akan memandang persoalan yang dihadapinya sehingga dapat memecahkannya secara tepat. Tanpa memiliki pandangan hidup, suatu bangsa akan merasa terombang – ambing dalam menghadapi persoalan yang timbul, baik persoalan masyarakatnya sendiri maupun persoalan dunia. Contoh pandangan hidup bangsa indonesia adalah PANCASILA
Menurut Padmo Wahjono :
“Pandangan hidup adalah sebagai suatu prinsip atau asas yang mendasari segala jawaban terhadap pertanyaan dasar, untuk apa seseorang itu hidup”.
Jadi berdasarkan pengertian tersebut, dalam pandangan hidup bangsa terkandung konsepsi dasar mengenai kehidupan yang dicita – citakan, terkandung pula dasar pikiran terdalam dan gagasan mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik.
  sumber :http://www.isomwebs.com/2011/pancasila-sebagai-pandangan-hidup/
 ARTIKEL TERKAIT PANDANGAN HIDUP :
“Jadikan Alquran sebagai Pandangan Hidup”
Senin, 23/11/2009 11:00 WIB - dui

BANJARSARI (Joglosemar): Menjadikan Alquran sebagai pandangan hidup, merupakan jalan yang terbaik bagi umat Islam. Hal itu diungkapkan Abdul Karim, mubalig (pembicara) dalam pengajian akbar dan khataman Alquran yang digelar keluarga H Zainal Abidin Zain.
“Karena isi serta makna yang terkandung di dalam Alquran tersebut, apabila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, insya Allah memberikan keberkahan dalam hidup,” papar Abdul Karim, mubalig disela acara yang berlangsung di kediaman H Zainal Abidin Zain, di Jalan Pajajaran Utara III/ 1 Sumber, Banjarsari, Surakarta, Minggu (22/11).
Kegiatan itu digelar dalam rangka pengajian akbar dan khataman Alquran Lembaga Pendidikan Alquran (LPQ) Al Umm Surakarta, Minggu (22/11).
Dalam kesempatan tersebut, keluarga H Zainal Abidin Zain juga membagikan sebanyak 3.000 Alquran dan 3.000 Juzamma kepada seluruh jemaah yang hadir dalam acara tersebut. Hal itu dilakukan Zainal karena dirinya memiliki harapan supaya Alquran dapat dimanfaatkan untuk masyarakat.
Selain berupa pengajian, acara yang dihadiri ribuan orang itu juga diakhiri dengan melantunkan lantunan ayat-ayat suci Alquran secara serentak yang dipimpin oleh Ustaz AM Husni Thamrin. “Pembacaan Alquran secara bersama-sama itu dilakukan supaya para jemaah dapat mengetahui tata cara membaca yang benar, “ imbuh Zainal.
Zainal berharap, semoga para jemaah dapat mengambil hikmah serta ilmu yang telah disampaikan. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menjalankan lembaga ini. Semoga Allah Swt senantiasa memberikan bimbingan serta hidayah-Nya kepada kita semua,” urainya. (dui)
Sumber : http://harianjoglosemar.com/berita/%E2%80%9Cjadikan-alquran-sebagai-pandangan-hidup%E2%80%9D-2357.html
Pengertian Pandangan Hidup Menurut Pendapat Saya :
Sahabat-sahabat saya yang baik hatinya, setiap manusia yang hidup didunia ini pasti memiliki pandangan hidup. Tidak satupun manusia yang bisa hidup sukses tanpa pandangan hidup. Mengapa saya mengatakan yang demikian ?  dikarenakan menurut saya pandangan hidup adalah prinsip, pegangan, pedoman, penuntun, arahan dan petunjuk manusia dalam kehidupannya. Ketika manusia memiliki pandangan hidup tentunya dia akan memiliki tujuan dan cita-cita bagaimana dia bisa memperoleh dan mencapai tujuan dan cita-cita nya tersebut dengan didampingi pandangan hidup. Kesuksesan itu akan tercapai dengan baik apabila manusia memiliki prinsip hidup yang baik.
Contoh pandangan hidup seorang muslim adalah ALQURAN. Didalam alquran banyak terkandung prinsip-prinsip orang yang sukses. Alquran mengajarkan setiap orang berbuat baik kepada siapun. Barangsiapa yang melanggar aturan yang ada didalam alquran akan mendapatkan balasan yang setimpal di akhirat nanti.
Sahabat-sahabat saya yang baik hatinya, berdasarkan contoh diatas tidak ada satupun pandangan hidup yang mengajarkan manusia untuk berbuat jahat. Setiap orang pasti akan memilih pandangan hidupnya sendiri sesuai dengan bagaimana dia menyikapi setiap pandangan hidup. Karna setiap orang pasti akan memandang dengan mendasar setiap pandangan hidup itu. Apakah dapat diterima dengan akal pikiran dan dapat dibuktikan kebenarannya. Nah disinilah kebanyakan orang yang tidak memiliki pandangan hidup akan membuat dirinya menjadi tidak waras, karna dia tidak mempunyai pegangan dan penuntun hidup.

sumber:
http://ucok-pasaribu.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-pandangan-hidup.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang posting yang aneh2 dan menjelek2an blog ini thx...^_^
by:Sandy M

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.